Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Lakukan Perawatan Ini Sebelum 40
08
Aug

Lakukan Perawatan Ini Sebelum 40

Jangan tunggu berangka 40. Dan tidak perlu yang rumit atau membuat Anda tidak bisa menabung.

 

“Kulit adalah cerminan dari cara kita menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita yang peranannya sangat penting, sehingga jangan diabaikan," kata dr. Ruri D. Pamela, sp.KK., dari RS Suyoto, Jakarta.

 

Menurut Dokter Ruri ada beberapa perawatan kulit yang tidak boleh dilupakan dan harus dilakukan oleh para perempuan. Sifatnya, wajib.


1. EKSFOLIASI

Eksfoliasi menjadi perawatan yang harus dilakukan oleh para perempuan untuk menjaga kesehatan kulitnya. Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan eksfoliasi, di antaranya kulit akan tetap lembut, tidak kusam (karena dilapisi kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, secara berkala memang harus dibersihkan dengan eksfoliasi). Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat akan membantu agar metode perawatan kulit lainnya terpenetrasi dengan lebih baik (misalnya, pelembap terserap lebih baik ke kulit). Lakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu saja; terlalu sering akan menyebabkan iritasi kulit. Eksfoliasi ini bisa dikerjakan dengan cara mekanik, yakni menggunakan scrub atau sponge dengan melibatkan bahan-bahan alami seperti butiran gula, kacang dan batu apung, serta dan chemical yang harus dilakukan oleh dokter.


2. MENCUCI MUKA

Tidak perlu ambisius, yang disarankan hanya dua kali dalam sehari. Jika terlalu sering dilakukan bisa menyebabkan kulit iritasi. Pemilihan sabun juga harus diperhatikan; pilihlah sabun pembersih muka dengan pH yang sesuai dengan pH alami kulit yaitu sebesar 5,5 dan juga tidak mengandung busa terlalu banyak. “Karena banyak orang yang memilih sabun dengan busa yang berlebihan dan dianggap bisa lebih bersih. Bahan yang membuat busa sering memicu iritasi dan kulit menjadi kering, dan sebaiknya tidak mengandung pewangi,” kata Dokter Ruri.


3. KONSUMSI VITAMIN

Seperti kita tahu, vitamin itu penting untuk tubuh dan kulit; jawaranya adalah Vitamin A, C, E, dan D yang membantu dalam proses regenerasi, anti-aging, menjaga kadar kelembapan alami kulit dan menghindari peradangan kulit. “Konsumsilah vitamin (misalnya vitamin D sekitar 1000 IU per harinya). Sebetulnya, tidak ada patokan khusus untuk mengonsumsi vitamin. Sesuaikan dengan lingkungan dan gaya hidup saja,” sarannya.


4. INGAT SELALU: TABIR SURYA

Saking sudah akrabnya dengan matahari, kita merasa sudah akrab, teman baik sehingga tidak mungkin dia menyakiti kita, apalagi kulit. Benar 'kan? Namun, prinsip persahabatan manusia dan matahari tidak selalu mutual, kulit bisa rusak secara perlahan karena terpapar sinar matahari terlalu lama (terutama sinar matahari di atas jam 10 pagi). Memang tidak terlihat sekarang, tapi efeknya jangka panjang. Oleh karena itu, tabir surya sangat penting dan esensial untuk digunakan setiap hari dan wajib ada di dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30. Dan, “pakailah sunscreen30 menit sebelum memulai aktifitas di pagi hari dan ulangi penggunaannya setiap tiga sampai empat jam sampai pukul 4 sore,” saran Dokter Ruri.


5. GUNAKAN RETINOL

Retinol merupakan bahan topikal yang sangat baik untuk membantu regenerasi kulit, memperbaiki pergantian kulit, dan sebagai anti-aging. “Retinol bisa digunakan setiap malam hari, sejak usia 20 tahunan di mana tanda penuaan sudah mulai timbul. Pilihlah retinol yang memiliki konsentrasi rendah pada awal pemakaian. Hati-hati juga karena akan ada efek pengelupasan. Karena itu penggunaan retinol sebaiknya dibarengi juga dengan moisturizer di pagi hari,” ungkapnya.


6. MASUKKAN PRODUK ANTI-AGING KE DALAM RUTINAS ANDA

Tanda-tanda penuaan sudah terlihat sejak usia 20 tahunan. Maka dari itu, banyak produk perawatan kulit yang menambahkan label ‘anti-aging’ di dalamnya. Dokter Ruri menyarankan untuk menggunakannya setiap hari secara konsisten.


7. PERIKSA KESEHATAN SECARA MENYELURUH

Selain menggunakan produk perawatan tubuh dan kulit, ada satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang: general check-up! Kapan terakhir kali Anda melakukannya? “General check-up untuk kulit sebaiknya dilakukan setiap enam bulan. Gunanya adalah untuk screening tanda apakah ada bintik, tahi lalat, moles yang dicurigai merupakan tanda ke arah tumor/keganasan.”

 

(ps)


Sumber: WOOP

 

Subscribe

Berlangganan Email FeMale Radio

 Sign Up

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting