Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Memangnya Sushi Sehat untuk Dikonsumsi?
11
Jul

Memangnya Sushi Sehat untuk Dikonsumsi?

Banyak orang percaya bahwa sushi kaya akan nutrisi. Apakah sushi benar-benar sehat untuk dikonsumsi?

 

“Sushi masuk ke dalam lingkaran makanan sehat,” kata Katherine Zeratsky, ahli gizi sekaligus profesor di Mayo Clinic. Menurutnya, sushi tradisional memiliki semua ciri makanan sehat: ia berisi ikan segar, dilapisi rumput laut dan disajikan dalam gulungan kecil.


Meskipun begitu, para ahli mengingatkan, jangan berharap makanan asal Jepang ini bisa mengecilkan lingkar pinggang Anda.


Salah satu masalah yang bisa ditimbulkan oleh sushi ada porsinya. Isabel Maples, ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan, meskipun terlihat kecil dan sedikit, nyatanya sushi memiliki kalori besar. Satu gulungan sushi -- yang dipotong menjadi enam hingga delapan bagian -- menanggung 550 kalori.


“Mata kita mengatakan yang sebaliknya. Tidak sesuai dengan kandungan nutrisinya,” tambah Zeratsky.


Kalorinya sebagian besar berasal dari satu gulung nasi putih yag menjadi khas sushi. Nasi untuk sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula. Inilah yang membuat kalorinya semakin besar.


Nasi sushi yang lengket dan manis itu ditekan dan dibungkus menjadi sebuah gulungan agar terlihat kecil, padahal sebenarnya porsinya cukup banyak.


“Potongan gulungan sangat mudah dimasukkan ke dalam mulut. Namun, kita tidak sadar sudah mengonsumsi nasi dalam jumlah besar,” kata Nancy Farrell, ahli gizi.

 

(ps)


Sumber: NATIONALGEOGRAPHIC

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting