Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Cara Mengatur Porsi Makan Dengan Menggunakan Tangan
20
Jun

makan 1

Pola makan bergizi seimbang tak hanya terdiri dari komposisi yang tepat tetapi juga pengaturan porsi yang bijak. 

 

Sebagian orang mungkin merasa pengaturan porsi makan cukup sulit untuk dihitung. Padahal, pengaturan porsi makan bisa ditentukan dengan menggunakan jari dan telapak tangan saja.


 

Pengaturan porsi dengan tangan atau hand portion bermanfaat dalam menentukan komposisi makanan dalam satu piring nasi. Komposisi makanan ini meliputi karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

 

 

Dalam menerapkan hand portion, tangan yang digunakan untuk mengukur porsi makanan adalah tangan orang yang akan menyantap makanan. Tangan orang dewasa tak bisa digunakan untuk mengatur porsi makan anak-anak, begitu pula sebaliknya. 

 

Porsi karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu kali makan adalah seukuran satu kepalan tangan yang erat. Sedangkan porsi protein hewani yang dikonsumsi dalam satu kali makan adalah sebesar telapak tangan.  Sayur memiliki porsi paling besar dibandingkan yang lainnya. Porsi sayur dalam satu kali makan adalah sebanyak mungkin sayur yang dapat ditadah kedua tangan.

 

Untuk buah, porsi satu kali makan adalah satu kepalan tangan biasa. Di sisi lain, porsi lemak yang disarankan dalam satu kali makan hanya sebesar ruas ibu jari. Lemak yang dipilih juga disarankan lemak baik yang menyehatkan tubuh.



(NaB)


Sumber: Merdeka

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting