Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Selama Ini Cara Kita Mencuci Tangan Salah
13
Mar

Selama Ini Cara Kita Mencuci Tangan SalahMencuci tangan menjadi hal sederhana yang cenderung disepelekan. Padahal, cara mencuci tangan yang salah, bisa memicu bahaya pada tubuh.

 

 

 

 

Mencuci tangan tak sekadar membasuhnya dengan air dan sabun saja. Berikut beberapa kesalahan mencuci tangan yang sering dianggap sepele, dikutip dari lamanReader's Digest.

  

1. Tak cukup lama

Menurut riset dari Michigan State University study, 95 persen masyarakat tidak mencuci tangannya dengan cukup lama, rata-rata hanya enam detik, yang tidak efektif membunuh kuman. Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk mencuci tangan paling sedikit 20 detik agar membunuh kuman dengan tepat.


2. Sela-sela jari yang terlupakan

Hanya mencuci tangan di area telapaknya saja, tidak cukup kuat untuk membunuh kuman. Pastikan untuk menggosok area jari dan tiap selanya untuk mengurangi kotoran yang ada.


3. Tidak mengeringkan tangan

Sebaik apa pun cara mencuci tangan, jika tidak dikeringkan dengan baik, akan membuat kuman masih betah bertahan. Sebab, kuman menyukai area lembap. Maka, pastikan Anda mengeringkan tangan dengan tepat usai mencucinya.


4. Hanya mencuci tangan setelah dari toilet

Setiap saat Anda menyentuh banyak hal di area publik seperti tombol lift, gagang pintu, atm, atau pegangan kereta, di mana risiko penyebaran kuman sangat tinggi. Sebaiknya, di mana pun di ruang publik, termasuk toilet, segera mencuci tangan, apalagi di musim flu dan batuk ini. Jika tak sempat menemui toilet, bisa menggunakan hand sanitizer untuk sementara.


5. Suhu air panas

Suhu apa pun itu pada air yang digunakan untuk mencuci tangan, tak memengaruhi kekebalan kuman. Dingin atau panas, selama air tersebut bersih dan menggunakan teknik mencuci tangan yang tepat, kuman akan mati secara signifikan.


 

(ins)


Sumber: viva

 

Search

Advertise Here

MD's Review

Imsakiyah

imsakiyah 2018

 

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting