Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Sering Dibuang, Padahal Banyak Manfaatnya
12
Mar

Sering Dibuang, Padahal Banyak Manfaatnya

Bagian buah dan sayur seperti kulit buah, batang sayuran, atau biji yang sering Anda buang ternyata memiliki segudang manfaat bila Anda konsumsi.

 

Berikut adalah daftar bagian buah dan sayur yang ternyata baik untuk kesehatan.


1. Kulit apel

Saat Anda masih kecil, orangtua Anda mungkin terbiasa menyajikan buah apel yang sudah dibersihkan kulitnya sebagai camilan. Ini dilakukan karena kulitnya sering kali tidak termakan karena agak keras dan sulit hancur ketika dikunyah.


Namun, Anda perlu ketahui bahwa kulit apel mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan yang menjaga kesehatan paru-paru dan otak. Selain itu, apel juga dimakan bersamaan dengan kulitnya mengandung lebih banyak serat dan vitamin dibanding hanya memakan apel yang sudah dibersihkan kulitnya.


Bila Anda tidak menyukai teksturnya yang keras, Anda bisa menikmati buah apel sekaligus dengan kulitnya dengan cara dibuat jus. Ini akan lebih mudah dan rasanya tentu tetap nikmat. Namun, pastikan buahnya sudah dicuci bersih, ya.


2. Kulit buah sitrus

Ada banyak jenis buah sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sering kali Anda membuang bagian kulitnya karena dianggap tidak layak untuk dimakan. Namun, dilansir dari Hufftington Post, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kulit buah sitrus dapat menurunkan kolesterol lebih ampuh dibanding dengan beberapa obat yang diresepkan oleh dokter.


Senyawa flavon polmoksilasi berguna untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan di tubuh. Rasanya memang pahit bila Anda memakannya langsung, jadi Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Caranya, rendam bagian kulit jeruk di dalam air, potong sesuai keinginan, dan campurkan pada menu masakan yang akan Anda buat.


3. Daun buah bit

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu tentang buah bit. Buah ini termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang menyerupai kentang yang berwarna ungu kemerahan. Biasanya orang-orang hanya mengonsumsi bagian akarnya saja. Namun, daun pada tanaman ini juga bisa dikonsumsi.


Daunnya mengandung berbagai serat utama, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin K. Anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis, rasanya hampir sama seperti kangkung.


4. Kulit semangka

Semangka sering disajikan sebagai es buah atau rujak. Buahnya mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi ketika cuaca panas. Kandungan asam amino yang disebut L-citruline dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri pada otot.


Selain itu, citruline juga berperan dalam menghilangkan nitrogen dalam darah. Ternyata, kandungan asam amino tersebut tidak hanya ada di bagian buahnya saja, bagian kulit semangkapun mengandung nutrisi yang sama.


5. Daun lobak

Sama seperti daun buah bit, daun lobak juga bisa dikonsumsi dengan cara ditumis. Daun tersebut mengandung banyak vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, dan berbagai sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, mulai sekarang lebih baik mengonsumsi kedua bagian tersebut beserta daun dan akarnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan tubuh.


6. Kulit kentang

Pernahkah Anda perhatikan, kebanyakan rumah makan menyajikan masakan kentang yang kulitya tidak dibersihkan? Ternyata, ini dilakukan agar kandungan vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, dan nutrisi lainnya tidak terbuang sia-sia. Mulai sekarang Anda bisa mengolah berbagai masakan dari kentang tanpa dibersihkan kulitnya. Namun, pastikan Anda mencucinya sampai benar-benar bersih.


7. Biji labu kuning

Ketika Anda memotong buah labu kuning, ada banyak biji di dalamnya seperti buah melon. Selain buahnya, biji labu kuning ternyata juga bisa dikonsumsi. Biji labu tersebut mengandung magnesium, zat besi, protein, dan fitosterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk dan mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan sakit kepala.

 

8. Batang bayam

Sering kali bayam dibuat sayur dan sebagian besar batangnya dibuang. Perlu Anda tahu, batang bayam mengandung lebih banyak serat daripada daunnya dan kandungan seratnya sama besar. Untuk itu, jangan sisihkan seluruh bagian batang bayam saat dijadikan sayur.


9. Batang brokoli

Sayuran hijau ini sering direkomendasikan untuk dikonsumsi karena khasiat brokoli yang baik untuk kesehatan. Sebagian besar kreasi brokoli hanya memanfaatkan bagian kepala bunganya saja. Padahal bagian batangnya juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sayang sekali bila dilewatkan. Walaupun sedikit keras, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian, supaya mudah dimakan dan diolah bersamaan dengan bagian kepala bunga.


Penting untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian dengan buah dan sayur. Namun, apa pun buah dan sayurnya akan berkhasiat baik bagi tubuh jika diolah dan dicuci dengan baik dan benar.


Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu bila Anda memiliki kondisi atau penyakit tertentu sebelum mengonsumsi sayur atau buah yang dikhawatirkan akan memperparah kesehatan Anda.

 

(ps)


Sumber: NATIONALGEOGRAPHIC

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting