Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle 5 Cara Menjaga Kulit Leher Agar Tidak Kendur
19
Feb

5 Cara Menjaga Kulit Leher Agar Tidak Kendur

Semakin bertambahnya umur, merawat kulit pun makin penting! Alasannya, kelembapan dan elastisitasnya berkurang dan kulit pun jadi lebih mudah mengalami kekeringan, noda dan kendur.

 

 

 

 

Kulit di bagian leher membutuhkan perhatian yang sama dengan kulit wajah. Kulit di daerah tersebut juga dapat berkerut dan mengendur dengan cepat, lho! Tak mau kan, kulit wajah kencang dan segar namun kulit leher terlihat saggy dan tua sebelum waktunya? Berikut beberapa cara untuk jaga kulit leher agar tetap kencang dan awet muda.

 

 

1. Bersihkan dan exfoliate secara rutin!
Kulit leher menampung banyak kotoran dan debu, terutama bila Anda sering beraktifitas di luar ruangan serta berolahraga. Pastikan Anda menggosoknya dengan foam wash dan bantuan cleansing brush atau sponge. Anda juga dapat menggunakan sabun berkandungan kolagen untuk menambah elastisitas kulit. Setelah mandi dan keringkan wajah, tuang micellar water di kapas dan seka leher.

 

2. Jaga postur tubuh!
Apakah Anda tahu? Ponsel bisa jadi salah satu penyebab hadirnya garis halus pada leher, lho. Kebiasaan menundukkan kepala saat melihat ponsel bisa menyebabkan lipatan pada area leher muncul lebih cepat. Jadi, perhatikan postur saat cek hp, sebaiknya bawa telapak tangan yang memegang ponsel sejajar dengan wajah dan mata dan jangan lupa selalu lakukan stretching untuk leher. Perhatikan juga posisi tidur dan tinggi bantal Anda! Jika Anda terbiasa tidur menyamping, pastikan leher juga memiliki support yang baik untuk menghindari garis halus yang mucul pada leher.

 

3. Saatnya investasi pada krim, serum dan moisturizer
Kulit leher butuh asupan pelembap, vitamin dan bahan-bahan baik untuk memperbaiki kualitas kulit, sama seperti kulit di bagian tubuh yang lain. Produk dengan retinol merupakan pilihan terbaik untuk menjaga dan merawat kulit leher. Retinol tak hanya terkenal sebagai bahan ampuh untuk melenyapkan acne namun juga untuk mengurangi kerutan dan membantu menciptakan kolagen baru. Bila kulit di leher Anda kerusakan yang disebabkan oleh matahari, moisturizer dan krim dengan retinol dapat membantu mengurangi noda.
Sebaiknya kenakan produk retinol dari dermatolog yang telah terpercaya. Namun, Anda juga dapat menggunakan retinol yang dijual oleh label skincare. Pastikan untuk mencoba produk dulu sebelum membeli karena retinol dapat menimbulkan kemerahan dan iritasi. Produk retinol biasa digunakan sebelum istirahat malam, dan tak disarankan untuk mengenakan krim tersebut bila akan terkena paparan matahari.

 

4. Mulai lah menggunakan Vitamin C

Vitamin C memiliki andil besar dalam penciptaan kolagen, dan Anda semua tentu telah paham bahwa kolagen adalah apa yang menjaga kulit Anda tetap kenyal. Tambahkan jeruk dan buah-buah lainnya yang berkandungan tinggi Vitamin C pada diet Anda untuk menjaga kadarnya tetap stabil di tubuh. Vitamin C juga dikenal dapat mencegah dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV, jadi kulit leher akan terjaga keremajaannya bila Anda menggunakan krim dengan kandungan vitamin C di leher Anda.

 

5. Berolahraga lah!
Ada yang mengatakan bahwa kegiatan fisik, terutama olahraga lari dapat membuat kulit kendur dan tua sebelum waktunya akibat kekuatan gravitasi. Beberapa ahli memang percaya bahwa aktifitas fisik yang berat dapat mengurangi elastisitas kulit namun ternyata hal ini terjadi bukan karena gravitasi! Kulit mengalami penuaan dini setelah latihan kardio dan running dikarenakan kegiatan fisik tersebut menciptakan oksigen lebih dan kerusakan radikal bebas yang mampu merusak lapisan kulit.
Sebelum hal ini jadi alasan Anda untuk bolos kelas gym sore ini, perlu diketahui bahwa efek buruk tersebut cuma terjadi bila Anda rutin menjalankan olahraga berat. Aktifitas medium dengan jarak istirahat yang cukup justru dapat membantu menjaga kulit jadi lebih awet muda! Hal ini tentu juga bisa diaplikasikan pada kulit leher Anda. 




 

(ins)


Sumber: cosmopolitan

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting