Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Tips Cegah Stres Akhir Tahun
28
Nov

Tips Cegah Stres Akhir Tahun

Ketika menjelang akhir tahun, stres muncul bagi para pekerja. Penyebabnya bisa karena tekanan pekerjaan atau memikirkan liburan akhir tahun.

 

Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencegah stres atau depresi pada akhir tahun.


Sleep Number memiliki tips agar seseorang tetap fokus dan merasakan yang terbaik di akhir tahun. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Huffington Post:


Jadwalkan "me time"


Meskipun menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga sepanjang tahun ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda tak memiliki waktu untuk diri Anda sendiri. Jika Anda merasa lelah, Anda dapat mengobatinya dengan "me time". Entah itu membaca buku bagus atau menikmati matahari terbenam, menyisihkan 30 menit dari hari Anda untuk diri Anda sendiri, dapat memperbaiki mood dan stamina dengan lebih baik.

 

Olahraga


Olahraga bisa menjadi prioritas terakhir saat Anda sibuk. Tapi ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Aktivitas fisik, meski hanya berjalan-jalan atau naik sepeda, akan mengurangi kadar kortisol, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk stres. 


Lakukan dengan keluarga atau dengan teman Anda. Olahraga juga membuat tubuh memompa darah yang akan meningkatkan endorfin dan menciptakan perasaan bahagia, juga euforia. Belum lagi, olahraga rutin bisa membuat Anda mudah tertidur di malam hari.


Meditasi


Sekalipun situasi sedang membuat Anda stres, bermeditasi akan membuat Anda mengelola segala emosi dari dalam ke luar. Bagian yang terbaik adalah semua yang Anda butuhkan adalah tempat yang tenang dan nyaman untuk berlatih.


Bermeditasi secara teratur justru bisa mengubah otak Anda dengan cara mengurangi stres. Yang terpenting, ini memberi Anda kesempatan untuk terhubung ke tubuh Anda dan fokus. Dengan melambat dan meluangkan waktu sejenak untuk mengenali perasaan batin Anda, Anda bisa menjernihkan pikiran untuk hari ke depan. Untuk membantu Anda memulai, lihat panduan pemula untuk meditasi.


Tidur siang


Mungkin terasa kontra untuk berbaring saat Anda harus banyak melakukan banyak hal, tapi istirahat seperti tidur siang benar-benar dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Para ahli telah menemukan bahwa tidur yang bertahan hanya 10-26 menit di sela aktivitas, sebenarnya dapat meningkatkan produktivitas.


Beberapa bahkan menyarankan untuk minum secangkir kopi sebelum Anda todur siang. Karena dibutuhkan 20-30 menit agar kafein bisa 'menendang', sehingga pada saat Anda bangun, Anda akan merasa segar dan siap untuk pergi.


Hindari gadget selama beberapa jam


Mudah untuk merasa produktif saat kita terus-menerus terlibat dengan barang elektronik kita, tapi sering kali mereka hanya mengalihkan perhatian kita dari hal-hal yang ingin kita selesaikan. Menghabiskan waktu ekstra pada gadget, terutama setelah bekerja dapat mencegah otak untuk tidak bersantai dan mengisi ulang. Dengan tidak mengaktifannya selama beberapa jam, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal yang Anda sukai.


 

 

 

 

(diandrips)


Sumber: www.suara.com



 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting