Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Demam Tak Mereda, Oleskan Balsam Di Kaki
15
Nov

Demam Tak Mereda, Oleskan Balsam Di Kaki

Saat Anda demam dan batuk, Anda akan berpikir meminum obat agar sembuh. Tapi ada cara lain loh, yaitu mengoleskan balsam di bagian kaki. Mengapa di kaki?

 

Dokter anak dari Rutgers University Satya D. Narisety, MD, mengatakan kepada Parents.com, "Bahan aktif mentol pada balsam yang dioleskan pada telapak kaki sebenarnya tidak membuka saluran napas atau memecah lendir, tapi itu mampu merangsang otak Anda untuk melancarkan jalan napas, sehingga terbuka, dan Anda tidak terlalu sesak. Batuk pun bisa mereda."


Joe Graedon, seorang farmakolog dari University of Michigan, memiliki teori tentang bagaimana pengobatan balsam pada kaki menggunakan balsam Vicks VapoRub dapat bekerja. Penelitian tersebut berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan pemenang Nobel Rod MacKinnon, M.D., dan koleganya Bruce Bean, Ph.D., dari Harvard University.


Studi MacKinnon dan Bean menunjukkan bagaimana saraf yang terlalu terstimulasi dapat memicu kram otot. Mereka menemukan bahwa minum minuman hangat dari ekstrak kayu manis, jahe, dan lada dapat merangsang saraf di mulut, tenggorokan, dan perut, yang mempengaruhi tulang belakang untuk mengatasi saraf yang menyebabkan kram otot.

 

Temuan ini membantu menjelaskan bahwa rangsangan saraf bisa mempengaruhi tulang belakang untuk membantu meredakan beberapa gejala penyakit akibat saraf yang terlalu terstimulasi, seperti pada kram dan batuk.


Mengingat bahwa kaki mengandung banyak saraf, Graedon berspekulasi bahwa saraf sensorik di telapak kaki mungkin merespon rangsangan balsam hangat karena pusat batuk di otak berada tepat di sebelah sumsum tulang belakang. Jika saraf sensoris di telapak kaki merangsang sumsum tulang belakang, cara itu kemungkinan besar bisa menekan siklus batuk, meredakan batuk bahkan membuat batuk berhenti.

 

Walau demikian, memanfaatkan balsam hangat sebagai pereda batuk belum diobservasi secara ilmiah, dan tidak dapat dianggap sebagai obat batuk. Tetapi menurut Graedon, tidak ada salahnya untuk mencobanya saat Anda, pasangan, atau anak, mengalami batuk yang tak kunjung reda. Kenakan pula kaos kaki berbahan katun untuk menguatkan efeknya.

 

 

 

 

(diandrips)


Sumber: www.kompas.com



 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting