Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Trik Mendongeng Sesuai Usia Anak
13
Nov

Trik Mendongeng Sesuai Usia Anak

Mendongeng sebelum tidur memiliki manfaat yang baik bagi anak. Selain untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mendongeng dapat menanamkan nilai positif bagi anak.

 

Kendati demikian, mendongeng untuk anak harus yang tepat. Berbeda usia anak maka berbeda pula jenis cerita yang bisa didongengkan pada anak.

 

"Untuk anak usia PAUD atau di bawah lima tahun sebaiknya didongengkan selama 5-10 menit. Dongengkan cerita yang sederhana.


Misalnya, burung hantu terbangun, burung hantu berbunyi, burung hantu terbang. Harus ekspresif, tirukan suara, dan pakai gestur," papar Rika Endang Triyani, seorang pendongeng dari Komunitas Dongeng 'Ayo Dongeng Indonesia' kala berbincang-bincang dengan Okezone di Banda Aceh, baru-baru ini.

 

Sementara, bagi mereka yang sudah duduk di bangku sekolah dasar (SD), Anda bisa menghabiskan waktu sekira 30 menit atau lebih.

 

"Ceritakan dongeng yang ada sejarahnya, mereka mulai mengerti. Atau yang agak lebih berat, misalnya cerita mengandung action biar enggak bosan," kata Rika.

 

Rika juga menuturkan bila mendongeng bukan dilakukan dalam waktu luang. Karena itu, ada beberapa waktu terbaik untuk mendongengkan si kecil sesuai tujuannya.

 

"Kalau mau menanamkan sesuatu di bawah sadar, bisa dilakukan sebelum tidur. Kalau anaknya lagi bete, kita bisa mengalihkan perhatiannya dengan cerita dongeng yang enerjik. Makanya penting pendongeng itu harus lihat situasi sebelum mendongengkan anaknya," tutur Rika.




 

 

 

(diandrips)


Sumber: www.okezone.com



 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting