Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Kanker Payudara Pada Pria Lebih Ganas
12
Oct

Kanker Payudara Pada Pria Lebih Ganas

Penyakit yang hanya akrab di kalangan perempuan sekalipun, seperti kanker payudara juga bisa menjangkiti laki-laki. Tapi, karena persentase penderitanya lebih kecil jadi informasinya tidak menggema ke mana-mana.

 

Data menunjukkan, dari 100 laki-laki, hanya ada satu orang yang berpotensi terkena kanker payudara. Hal ini juga berarti, hanya ada satu persen populasi laki-laki dengan kanker payudara.


Padahal, jika kanker payudara ditemukan pada laki-laki, kondisinya bisa lebih parah dibandingkan perempuan dengan kanker payudara.

Dokter spesialis bedah onkologi, Walta Gautama menyampaikan hanya ada satu persen laki-laki di dunia ini yang terjangkit kanker payudara. Tandanya pun sama, terdapat suatu benjolan dengan permukaan tidak rata di bagian dada sekitar puting atau ketiak.

"Kalau laki-laki terjangkit kanker payudara, lebih ganas (kankernya)," ujar Walta. Ia menjelaskan, kanker payudara pada laki-laki bisa menempel langsung pada kulit dan otot sehingga penyakitnya bisa lebih berbahaya.

Stadiumnya pun akan cepat naik. Walta mengumpamakan jika pada seorang perempuan kanker bisa tumbuh dalam waktu tahunan, pada laki-laki kanker payudara bisa tumbuh dalam hitungan bulan.

"Jangan dikira laki-laki enak-enak saja. Sama. Cuma kelenjar payudaranya enggak berkembang," kata Walta.

 

Telat Terdiagnosa

Sementara dr. Marina Garassino dari Italia mempublikasikan temuannya pada konferensi yang digagas European Society for Medical Oncology: baik dokter maupun pasien memberi andil besar atas terlambatnya diagnosis kanker payudara pada kalangan pria.


"Para dokter mungkin tidak mengenali tumor ini pada pria, mereka melihat sebuah benjolan, tetapi mereka tidak berpikir bahwa itu adalah kanker payudara. Demikian juga pria mungkin tidak akan curiga bahwa mereka mengidap tumor dan walhasil mereka lebih lambat datang ke dokter ketimbang wanita."


Bahkan di US, 460 pria sudah terdiagnosa akan meninggal karena kanker payudara tahun ini.

 

(ps)


Sumber: www.cnnindonesia.com, www.kompas.com, www.cancer.net



 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting