Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda
09
Oct

Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda

Kanker Payudara menjadi penyakit yang menakutkan bagi wanita. Tidak hanya untuk para usia lanjut, para wanita muda juga harus takut karena kanker payudara dapat menyerang di usia muda. Dari umur 17 tahun ke atas, sudah ada yang menderita kanker payudara.

 

Kanker payudara merupakan suatu penyakit yang menyerang wanita pada bagian payudara dimana terjadinya pertumbuhan sel-sel yang abnormal sehingga tidak terkendali Selain itu semakin lama sel-sel tersebut bisa menyebar dan menyerang pada bagian tubuh lainnya melalui aliran darah. Kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia, namun sayang gaya hidup yang tidak baik serta kebiasaan makan-makanan yang serba instan bisa menjadi penyebab utama wanita muda juga bisa terkena kanker payudara.


Jika terdeteksi sejak awal kanker payudara dapat diobati sebelum menyebar pada bagian tubuh lainnya, Tanda dan Gejala kanker payudara yang mudah dikenali yakni dengan adanya benjolan yang tidak nyeri pada payudara atau putingnya namun tak semuanya benjolan juga tanda adanya kanker payudara. Lantas apa yang yang menyebabkan wanita muda juga bisa terkena kanker payudara?  


Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita Muda


Tidak ada yang tahu pasti mengenai tumbuhnya kanker payudara namun ada beberapa konstributor kemungkinan wanita muda yang terkena kanker payudara bisa karena adanya faktor hormonal seperti terlalu seringnya mengkonsumsi pil KB. Ini masuk akal karena pada tahun 2002 salah satu study terbesar dan terbaik yang dirancang terapi penggantian hormon dihentikan karena perempuan muda yang sering mengkonsumsi sejenis pil KB mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker payudara.


Banyak wanita muda yang mengabaikan tanda gejala kanker payudara dengan adanya peringatan seperti benjolan payudara. Selain mengkonsumsi pil KB ada juga faktor pemicu terjadinya kanker payudara pada wanita muda diantaranya :


Faktor Genetik ( Keturunan)

JIka salah satu keluarga anda pernah mengalami riwayat penyakit ini, maka kemungkinan besar anda pun dapat terkena karena ini bisa menjadi salah satu mutasi gen yang diwariskan.

Kepadatan payudara 

Wanita yang dengan jaringan kelenjar menghasilkan susu jaringan payudara padat tersebut mengandung sel sel payudara yang lebih tinggi sehingg resiko untuk terkena kanker ini pun menjadi lebih tinggi.

Riwayat kesehatan pribadi

Jika seorang wanita sudah terdiagnosis terkena kanker pada salah satu payudaranya, maka kemungkinan besar bisa menyerang kedua payudaranya.

Pola gaya hidup

Ini juga bisa menjadi faktor utama pemicu terjadinya kanker payudara pada wanita muda. Pola gaya hidup yang tidak sehat sangat tidak baik sekali untuk kesehatan tubuh salah satunya sering mengkonsumsi alkohol atau merokok, ini akan sangat berisiko sekali terhadap wanita muda terkena kanker payudara.

Radiasi

Akibat dari seringnya terkena paparan sinar radiasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker payudara, salah satu tindakan medis di dunia kesehatan misalnya sinar x dan CT scan yang mana bisa menjadi penyebab kanker payudara.

Asupan Makanan

Ini nih yang harus diketahui bagi para wanita, jaman yang semakin modern ini juga membuat adanya beberapa makanan yang serba instan. Seperti makanan kalengan atau makanan-makanan yang diawetkan juga sangat buruk sekali bagi tubuh dan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker payudara pada wanita muda. Baca juga Pantangan makanan penderita kanker payudara.

 Untuk itu jika anda ingin terhindar dari penyakit kanker payudara sebaiknya anda mulai hidup sehat dan hindari faktor penyebab terjadinya penyakit ini. Untuk Pengobatan kanker payudara sendiri sangatlah beragam, tergantung stadiumnya, Untuk kanker Payudara stadium awal mungkin akan lebih mudah ditangani namun untuk jenis kanker payudara stadium 3 dan 4 umumnya akan sangat sulit. 



 

 

 

(diandrips)


Sumber: www.pengobatankankerpayudara.net



 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting