Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Tips Membeli Stroller
05
Aug

Tips Membeli Stroller

Rasanya pantas jika stroller dinobatkan menjadi sahabat para ibu. Kereta dorong bayi ini memang tidak hanya praktis untuk Anda, tapi juga bisa memastikan kenyamanan bayi saat harus bepergian.

 

Karena begitu bermanfaatnya stroller, idealnya Anda juga tidak sembarangan memilih kereta dorong bayi ini. Pastikan bukan hanya faktor harga yang Anda pertimbangkan, tapi juga keamanan dan kenyamanan si kecil. Simak tips membeli stroller berikut ini:


Rangka Kokoh

Cek material stroller, pastikan rangkanya kokoh dan engsel-engselnya bisa mengunci dengan benar saat digunakan. Stroller idealnya mudah dilipat dan dibuka kembali, tapi juga bisa mengunci dengan kokoh saat digunakan. Ini sangat penting, karena jika longgar, anak berisiko terjepit saat kereta dorong bayi yang sedang digunakan tiba-tiba terlipat sendiri.


Cek Setiap Celah

Teliti saat membeli bukanlah omong kosong belaka. Cek setiap celah, sekecil apapun, saat stroller dalam keadaan digunakan (bukan pada saat dilipat). Celah yang bisa dimasuki jari mungil bisa berbahaya karena menjepit tangan anak. Hindari kereta dorong bayi dengan model celah untuk kaki yang terlalu lebar, karena anak bisa merosot ke bawah.


Sabuk Pengaman

Ini jelas bukan sekadar aksesoris, jadi jangan pernah meremehkannya. Sabuk pengaman adalah elemen wajib pada kereta dorong bayi incaran Anda. Sabuk pengaman yang bagus memiliki lima titik simpul yang membungkus pinggang bayi, sela-sela pangkal paha, dan area bahu. Pastikan juga buckle sabuk mudah dibuka oleh orang dewasa tapi nyaman dan aman untuk anak. Sabuk pengaman ini juga harus bisa disesuaikan panjang pendeknya untuk memastikan pas atau tidaknya dengan tubuh bayi.


Rem

Siapa bilang hanya kendaraan yang perlu rem pakem? Stroller pun demikian. Anda bisa mengetes langsung rem stroller di toko. Rem yang bagus seharusnya membuat roda terkunci dan tak bergerak sama sekali begitu Anda memfungsikannya.


Sandaran Kursi yang Bisa Disesuaikan

Tidak hanya untuk kenyamanan, tapi juga untuk tumbuh kembang bayi. Bayi yang baru lahir membutuhkan stroller dengan sandaran kursi yang bisa diatur untuk posisi rebah sampai akhirnya bayi kuat menopang kepalanya sendiri atau bisa duduk. Kursi yang bisa diatur ini juga membuat bayi berusia enam bulan ke atas duduk lebih nyaman karena tertopang dengan baik.


Tudung

Tidak ingin si kecil kepanasan atau silau? Stroller bertudung adalah pilihan tepat. Pilih kereta dorong bayi dengan model tudung yang bisa dilepas atau disesuaikan tinggi rendahnya. Tidak hanya bisa menghalangi si kecil dari terpaan sinar matahari, tapi juga dari angin dan percikan air hujan.


Bisa Dicuci

Benda apapun yang berhubungan dengan bayi idealnya bebas kuman. Namun, jika Anda tidak rajin membersihkannya, stroller bisa menjadi sarang kuman. Pilih kereta dorong bayi dengan bahan yang bisa dilepas untuk dicuci. Selain akan lebih enak dipandang karena stroller akan bebas bekas tumpahan susu dan bercak ompol, hati Andapun tenang karena mencuci berarti juga memastikan stroller tidak menjadi sarang kuman.


Apakah Anda punya tips lain soal memilih kereta bayi? Bagikan di kolom komentar.


(ps)


Sumber: www.orami.co.id

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting