Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Teknik Mengemudi "Mata Terus Bergerak'
18
May

Tipe Pria Berdasarkan Gaya Duduknya

Potensi bahaya dapat datang dari segala sudut kendaraan, baik saat berhenti, berjalan perlahan maupun dengan kecepatan yang lebih tinggi. Untuk itu dibutuhkan penerapan teknik mengemudi secara soft skill yang dapat memandu mengemudi mampu selamat sampai tempat tujuan.

 

Salah satu teknik defensive driving, “mata terus bergerak”, jarang dilakukan pengemudi padahal sangat efektif dan mudah. Pengemudi harus fokus selama mengemudi, sehingga diharapkan tidak cepat lelah, tidak mudah mengantuk, mampu mengemudi maksimal 4 jam. Semua anggota tubuh pengemudi bekerja bersama-sama untuk mengontrol & menekan kecelakaan. Sehingga apabila dibutuhkan, mampu melakukan langkah antisipasi dan bereaksi dengan cepat dan benar.


Tugas mata bergerak mencari dan melihat potensi bahaya, kemudian direkam oleh otak untuk diteruskan ke tangan, kaki melakukan reaksi menghindar. Itulah kenapa banyak sekali kecelakaan terjadi, karena pengemudi gagal mengantisipasi. Nah bagaimana caranya? Lihat sekeliling dan sesuaikan dengan kondisi lalu lintas, kemudian polakan pergerakan mata pengemudi dengan melihat:


Depan 2-3 detik -> (spion)belakang 1 detik –> depan 2-3 detik –> (spion) kiri/kanan 1 detik –> depan 2-3 detik –> (spion) kanan/kiri 1 detik –> depan 2-3 detik –> Indicator 1 detik. (diulang terus menerus selama mengemudi).


Keuntungan selain tingkat kewaspadaan tinggi, pengemudi otomatis tidak terganggu dengan rasa kantuk. Kantuk terjadi karena mata monoton hanya terfokus melihat kedepan terus. Pengemudi mampu melakukan tindakan antisipatif terhadap bahaya yang akan terjadi yang datang dari luar (nirmiss, serempetan, tabrakan dari samping, dan orang jahat dll) sehingga dapat diminimalisir.


Pengemudi memiliki kelengkapan teknik mengemudi yang lebih baik, sehingga resiko kecelakaannya menjadi kecil. “Mata terus bergerak” adalah salah satu teknik defensive driving yang applicable & sangat bermanfaat tapi jarang dilakukan pengemudi karena tidak biasa.


(ps)


Sumber: www.autocarindonesia.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting