Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Manfaat Berjalan Kaki Untuk Bumil
19
Mar

Manfaat Berjalan Kaki Untuk BumilWanita hamil tidak harus selalu di rumah berdiam diri. Karena, rutin berjalan kaki akan memberikan banyak manfaat kesehatan.

 

Sekiranya ada 6 manfaat kesehatan bila wanita hamil rutin berjalan. Berikut uraiannya seperti dikutip Boldsky, Senin (4/4/2016).


Meredakan stres

Setiap wanita hamil sering mengalami perubahan suasana hati. Anda mungkin akan merasa gembira atau bahkan murung. Jalan kaki merupakan bentuk latihan yang membantu untuk melepaskan endorfin dalam tubuh.

Endorfin adalah zat kimia yang membuat mood Anda merasa baik. Dengan demikian, jalan kaki dapat meningkatkan suasana hati baik yang juga dapat memerangi stres.


Membuat tidur nyenyak

Jalan kaki atau olahraga selama 30 menit sehari dapat membantu Anda tidur nyenyak setiap malam. Anda pun harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berjalan kaki di sela waktu senggang.


Melawan kelelahan

Selama kehamilan trimester 1 dan trimester 3, mayoritas wanita sering merasakan lelah. Maka Anda harus memperbanyak istirahat yang cukup untuk melawan lelah. Di sisi lain, Anda yang rutin berjalan kaki juga dapat menjaga diri Anda dari rasa lelah, karena dapat membangkitkan energi secara alami.


Menguatkan otot pinggul

Ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ke-3 sering mengeluh sakit pinggul. Ini disebabkan karena kondisi sang janin sudah mendekati jalan lahir dan memengaruhi pinggul sang ibu. Dengan rajin jalan kaki, Anda dapat menguatkan otot pinggul dan membebaskan diri Anda dari rasa sakit.


Meringankan sembelit

Wanita hamil kerap mengalami sembelit karena pengaruh makanan atau dehidrasi. Tapi kalau Anda sering berjalan kaki, rasa sembelit akan musnah dengan sendirinya. Berdasarkan penelitian, wanita hamil yang berjalan kaki sekitar 15-20 menit setiap hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, terutama kinerja usus.


Mengurangi tekanan darah tinggi

Biasanya, tekanan darah Anda meningkat selama kehamilan. Pada kondisi berbahaya, diri Anda dapat mengalami pre-eklampsia. Tapi dengan rajin jalan kaki sekaligus menghirup udara segar, dapat membantu Anda menjaga tekanan darah dengan baik.


Menjaga berat badan

Ibu hamil jangan sampai mengalami obesitas. Risikonya akan sangat berbahaya bagi diri jan sang janin. Anda pun diminta untuk mengontrol berat badan selama kehamilan. Caranya adalah dengan rutin berjalan kaki setiap hari sekira 30 menit, untuk membangkitkan energi dan menjaga berat badan.

 


(ps)


Sumber: okezone

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting