Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Cermat Memilih Pakaian Bayi
19
Feb

Cermat Memilih Pakaian BayiOrangtua perlu memerhatikan pakaian yang digunakan bayi yang notabene memiliki lapisan kulit yang lebih tipis 20-30 persen dibanding orang dewasa. Untuk itu, selain nyaman, pakaian bayi juga harus aman.

 

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Naomi Esthernita Dewanto mengatakan, pakaian yang aman dan nyaman pada bayi secara tidak langsung turut mempengaruhi tumbuh kembang anak.

 

"Kalau kulitnya bermasalah, si kecil rewel, engga mau makan, akan mengganggu tumbuh kembangnya. Memberikan pakaian yang nyaman bagaian dari asuh yang penting untuk tumbuh kembang anak," kata Naomi di sela-sela acara peluncuran Premium Healty Packs Libby di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

 

Berikut tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pakaian bayi:

 

1. Zat iritan
Hindari pakaian yang mengandung bahan iritan. Bahan kimia yang bersifat iritan dapat menyebabkan peradangan atau iritasi jika terjadi kontak langsung pada kulit sensitif. Pada bayi, jika tidak cocok dengan bahan pakaian tersebut, bisa muncul kemerahan pada bagian tertentu, misalnya leher.

 

"Kalau ada alergi makanan bisa merah-merah di seluruh tubuh, tapi kalau ada kemerahan hanya bagian tertentu, mungkin karena kontak kain," kata Naomi.

 

2. Menyerap keringat
Pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat, seperti katun. Jika pakaian tidak menyerap keringat, kulit bayi bisa kemerahan karena biang keringat. Seperti halnya orang dewasa, mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat tentu tidak nyaman. Saat bayi mulai aktif bergerak dan keluar keringat, orangtua bisa mengecek bagian punggung apakah keringat terserap oleh pakaian.

 

3. Bahan pewarna
Bahan pewarna pada pakaian bayi sering kali tidak menjadi perhatian orang tua. Padahal, pakaian bayi bisa saja mengandung bahan pewarna atau zat berbahaya. Jika pakaian mengandung bahan berbahaya, tak tertutup kemungkinan masuk ke tubuh bayi melalui mulut. "Pada fase oral, anak-anak kan suka jilat-jilat, gigit bajunya," kata Naomi.

 

Bukan berarti harus menghindari pakaian berwarna-warni. Sebaiknya pilih baju berwarna-warni yang tidak luntur.

 


(ps)

 

Sumber: kompas

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting