Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Gubernur Maluku Resmi Buka Festival Teluk Ambon 2019
19
Aug

Gubernur Maluku Resmi Buka Festival Teluk Ambon 2019

Penyelenggaraan Festival Teluk Ambon 2019 (FTA) dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail, di halaman Pattimura Park Ambon, pada Minggu malam (18/8).

 

Pada penyelengaraan yang ke-14, tahun ini FTA 2019 bertema Exotic Milenial Moluccas “Care About Ambon Bay”. Dalam sambutan Gubernur, Ia menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Festival yang mengangkat isu lingkungan bersama dengan generasi milenial.

 

“Saya juga sangat bangga, karena kepedulian terhadap lingkungan teluk Ambon ini juga diperankan oleh kaum milenial. Apa yang digagas dalam Festival Teluk Ambon kali ini adalah sebagai bagian dari misi saya bersama Wakil Gubernur periode 2019-2024 yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani terjamin dalam kesejahteraan daulat atas gugusan kepulauan”, kata Murad.

 

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata Maluku sangat diperlukan, khususnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan dan keindahan bumi raja-raja yang kita cintai bersama ini.

 

Menutupi sambutannya, Gubernur berharap agar semua semua komponen masyarakat lainnya dapat lebih berperan bersama kaum milenial, untuk lebih peduli pada lingkungan, perairan dan teluk Ambon. Kata dia, khususnya kepedulian untuk mengurangi penggunaan dan pembuangan sampah, terutama sampah plastik di teluk Ambon.

Pembukaan FTA 2019 juga dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara, Raseno Arya, SE, MM dari Kementerian Pariwisata (KEMENPAR) dan beberapa staf lainnya.

 

“Dalam FTA tahun ini, Gubernur Maluku ternyata sudah cepat mengantisipasi target Menteri Pariwisata Indonesia, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. Ternyata tema Milenial akan menjadi target di Calendar Of Event”, tutur Raseno dalam sambutannya.

 

Festival Teluk Ambon bukan hanya menyajikan workshop-workshop dan perlombaan Arumbai yang menjadi puncak acara FTA 2019. Namun, ada banyak suguhan kearifan lokal maupun budaya yang menjadi ciri khas Kota Ambon.

 

Semua ini terbukti dengan terkenalnya songket yang diproduksi oleh masyarakat lokal. Raseno menyampaikan, “Namun perlu kita promosikan, Ibu Gubernur pun sangat semangat sekali karena beliau akan membuat songket Maluku mendunia. Dan kami di Kementerian Pariwisata akan mendukung, karena inilah salah satu usaha-usaha yang ada di daerah ini dan perlu kita dukung terus”, ujar Raseno.

 

Dia berharap, kegiatan ini tetap masuk di Calendar Of Event tahun 2020. Katanya, mungkin juga ada beberapa event yang bisa dikembangkan.

 

“Karena kalau kita lihat di daerah lain, musiknya luar biasa, namun disini musiknya lebih luar biasa lagi. Dilihat dari banyaknya tokoh-tokoh musik yang asli dari Maluku dan berkecimpung di dunia nasional maupun internasional. Tahun depan mungkin kita adakan kegiatan ukulele, karena menurut saya, ukulele bisa jadi daya tarik dengan dihadirkan 1000 ukulele atau 10.000 ukulele dan kita dapat rekor muri dan kami siap memberikan masukan-masukan ke kementerian” tandas Raseno.

 

(ps)


Sumber: KUMPARAN

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting