Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Awas! Nomor Ponsel & IMEI Masuk Klasifikasi Data Pribadi
05
Jul

Awas! Nomor Ponsel & IMEI Masuk Klasifikasi Data Pribadi

Pemasangan (pairing) antara IMEI dengan MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) atau lebih dikenal dengan sebutan nomor ponsel harus diklasifikasi sebagai data pribadi.

 

Klasfikasi oleh Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) tersebut mengacu pada General Data Protection Regulation (GDPR) yang dibuat dan diberlakukan di Uni Eropa.


Deputi Direktur Riset ELSAM Wahyudi Djafar mengatakan aturan Perlindungan Data Pribadi juga harus diterapkan untuk memayungi data pribadi secara hukum.

"Yang jelas sekarang belum ada aturan data pribadi. Jadi kita belum bisa sebut bahwa IMEI dan MSISDN itu adalah data pribadi," kata Wahyudi dalam diskusi 'Melindungi Privasi Data di Indonesia', di Jakarta Selatan, Rabu (3/7).

Wahyudi menjelaskan dalam GDPR, seluruh data yang berkaitan dengan profil seseorang telah diklasifikasikan sebagai data pribadi yang harus dilindungi.


Oleh karena itu, pihak berwenang juga tidak bisa sembarangan melakukan penyadapan. Ada beberapa prosedur yang harus dilalui pihak berwenang sebelum mengakses IMEI dan MSISDN yang akan disadap.

"Untuk membuka atau mengakses nomor-nomor IMEI dan MSISDN, itu dia harus melalui perangkat prosedur penegakan hukum. Ada izin pengadilan, ada tindak pidana dari target, lalu kemudian memang benar bahwa penegakan hukum sampai diperlukan upaya melakukan penyadapan," jelasnya.

Wahyudi menjelaskan praktek penyadapan dan pengawasan secara massal (mass surveilance) itu bersifat melanggar hukum atau tidak sah. Pasalnya tidak ada target yang jelas, dan alasan jelas untuk melakukan penyadapan dan pengawasan.


"Mass surveilance itu jadi mudahnya penegak hukum atau aparat intelijen melakukan pengumpulan seluruh data warga negara, dari berbagai macam sumber dan digunakan untuk kepentingan bermacam macam," jelasnya.

 

(ps)


Sumber: CNNINDONESIA

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting