Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald PUBG Dikabarkan Akan Diblokir Oleh Kemenkominfo
22
Mar

PUBG Dikabarkan Akan Diblokir Oleh Kemenkominfo

Kemenkominfo menyatakan siap mengkaji dan menindaklanjuti permintaan blokir game Player Unknown's Battle Ground (PUBG).

 

Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan permintaan pemblokiran harus melalui pengkajian terlebih dahulu oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Langkah pemblokiran menurutnya dilakukan sebagai tindak lanjut permintaan pemblokiran game PUBG yang awalnya diwacanakan oleh MUI Jawa Barat.

 

"Kalau memang dirasakan merusak, dikaji dulu dan silakan diajukan ke Kominfo. Kami siap menindaklanjuti permintaan pemblokirannya," ucap Semuel saat dihubungi beberapa reporter media pada Jumat (22/3/2019).

 

MUI Jabar mewacanakan untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap PUBG usai kasus penembakan masjid di Selandia Baru. Pelaku penembakan disebut terinspirasi oleh game tersebut. Ditambahkan juga, salah satu pertimbangan yang lain adalah game ini sudah mulai dilarang di India. Bahkan mereka yang memainkannya dapat dipenjara oleh lembaga berwajib negeri itu. Saat ini, pihak Kemenkominfo masih menunggu hasil kajian dari MUI untuk menindaklanjuti hal ini.


Di sisi lain, Semuel mengatakan Kemenkominfo juga telah berkomunikasi dengan Deputi II Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Ni'am Sholeh terkait polemik ini. Menurut Asrorun, solusi yang dikeluarkan terhadap PUBG nantinya dapat berupa fatwa, penegakan hukum, atau penguatan regulasi.

 

Kemenkominfo sesungguhnya telah memiliki Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik.


Berdasarkan Pasal 8 Permen Kominfo Nomor 11 Tahun 2016, PUBG masuk klasifikasi game yang menunjukkan tindakan kekerasan dan hanya boleh dimainkan oleh pemain berusia 18 tahun ke atas.


(NA)


Sumber: CNN INDONESIA, TIRTO

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting