Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Cuaca Terik Landa DKI Jakarta
10
Oct

panas

Cuaca panas melanda DKI Jakarta selama beberapa hari terakhir. Suhu tinggi ini tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, tetapi juga di bagian Pulau Jawa lainnya, Bali hingga Nusa Tenggara. 


 

 

Suhu udara berkisar di angka 34-37 derajat Celsius. Keadaan cuaca ini dinilai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih berada dalam kondisi normal.


"Kondisinya normal, manakala matahari berada di sekitar khatulistiwa bisa di sebelah selatan, tepat di khatulistiwa, maupun di selatan khatulistiwa," ujar Humas BMKG Hary Djatmiko saat dihubungi oleh Liputan6.com, Selasa (9/10/2018).


Gerak semu matahari ini mengakibatkan radiasi matahari yang masuk cukup optimum sehingga menimbulkan cuaca panas. Kondisi ini bersifat fluktuatif melihat saat ini Indonesia sedang mengalami musim pancaroba atau transisi dari musim kemarau ke musim hujan.


Cuaca panas ini sangat bergantung pada kelembapan udara. Hal ini karena kelembapan udara akan memengaruhi terbentuknya awan hujan. "Sudah mulai ada tanda-tanda pembentukan awan di wilayah Banten, tapi enggak merata," ungkap Hary. "Seiring dengan pembentukan awan hujan yang merata, sekitar pertengahan atau akhir Bulan Oktober," lanjutnya.

 


(NaB)


Sumber: Liputan6

 

Subscribe

Berlangganan Email FeMale Radio

 Sign Up

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting