Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Warga Tolak Komersialisasi TN Komodo
07
Aug

Warga Tolak Komersialisasi TN Komodo

Warga menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Mabar, kantor bupati dan kantor Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Senin (6/7).


Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata (Formapp) di Manggarai Barat menolak rencana pembangunan sarana wisata di Pulau Rinca, salah satu habitat binatang purba komodo. Sarana wisata itu rencana dibangun dua perusahaan di atas lahan 21,1 Ha.


Warga Menyampaikan Sejumlah Alasan Penolakan

Yang paling mendasar, tujuan utama kehadiran TNK adalah konservasi. Sedangkan rencana pembangunan lebih mengarah pada kepentingan investasi. Sehingga, apapun bentuk investasi yang terjadi dalam TNK, sudah jelas tidak sesuai lagi dengan tujuan awal.


"Oleh karena itu, Formapp dengan tegas menolak investasi untuk tujuan pengembangan pariwisata dalam TNK, karena sudah pasti menambah penderitaan dan kesengsaraan saudara-saudara kita yang hidup dalam kawasan TNK," tegas Formapp melalui pernyataan tertulisnya.


"Sudah menjadi suatu yang tidak terbantahkan bahwa kehadiran TNK sejak tahun 80-an dengan jelas telah menghancurkan tatanan kehidupan masyarakat, budaya, mata pencaharian yang sudah menjadi warisan lintas generasi penduduk dalam kawasan."


Mereka menilai, penguasaan atau pengelolaan pihak swasta atas titik-titik strategi dalam kawasan TNK tidak membawa manfaat apa-apa terhadap masyarakat Mabar, terlebih khusus masyarakat yang berada dalam kawasan TNK.


"Masalah yang muncul justru terjadi privatisasi dan pencaplokan sumber daya publik atas lahan dalam kawasan TNK."


Pengalaman buruk pernah terjadi ketika TNK dikelola swasta. Pada tahun 2003, sebuah perusahaan swasta diberikan izin untuk pengusahaan pariwisata alam (IPPA) selama 30 tahun. Terhitung sejak 2004 sampai dengan 2034. Namun setelah 10 tahun beroperasi, perusahaan ini bubar tanpa ada pertanggungjawaban publik yang jelas.


(ps)


Sumber: MERDEKA

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting