Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Merchandise Asian Games 2018 Mulai Dipasarkan
31
May

Merchandise Asian Games 2018 Mulai Dipasarkan

Asian Games tinggal beberapa bulan lagi & produk yang dipasarkan sebagai merchandise Asian Games 2018 pun sangat beragam. Kisaran harganya Rp 15.000 sampai Rp 3,5 juta.

 

"Rentang harganya bisa buat semua lapisan masyarakat," ujar Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Mochtar Sarman, dalam konferensi pers di Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

Ragam produk yang ditawarkan mulai dari pernak-pernik kecil seperti korek api, pulpen, buku catatan, hingga yang harganya lumayan mahal seperti tas anyaman dan frame foto.

 

Selain itu, ada juga kipas, tas, kaos, boneka, makanan, bahkan perlengkapan mandi. Cinderamata pulpen dan tas PVC bergambar maskot Asian Games, misalnya, dibanderol Rp 15.000. Lalu, tempat pensil, notebook, hingga tumbler dihargai Rp 50.000-119.000.

 

Namun, setidaknya ada satu merchandise yang harganya jauh melebihi kisaran harga yang disebut Mochtar.

 

Dari katalog Familia—salah satu produsen terpilih untuk merchandise Asian Games 2018—produk termahal yang dijual adalah maskot Asian Games, Binbin, Atung, dan Kaka ukuran raksasa dihargai Rp 15 juta. Ketiga maskot itu tidak dijual terpisah.

 

"Produk ini 100 persen didesain anak bangsa dan 88 persen diprodukai perusahaan lokal," mata Mochtar.

 

Merchandise Asian Games 2018 sudah didistribusikan ke pasaran sejak Desember 2017. Produk tersebut dipasarkan antara lain di Sarinah Departement Store, Sogo, dan Gramedia. Cinderamata resmi juga bisa dijumpai di minimarket seperti Alfamart. "Mereka berikan tempat untuk kita jualan, pop up display," kata Mochtar.

 

Selain itu, produk-produk tersebut juga dipasarkan secara online di situs resmi Asian Games 2018 www.asiangames2018.id, serta situs e-commerce seperti Tokopedia dan blibli.com.

 

Souvenir Asian Games 2018 dapat pula ditemukan dan dibeli di sejumlah tempat keramaian seperti bandara, Stasiun Gambir, dan Ancol. Mochtar mengatakan, panitia tidak menargetkan penghasilan dari penjualan merchandise.

 

"Kami akann fokus dulu untuk men-deliver produk sebanyak mungkin sebelum event start. Soal target, saya tidak akan ke sana," kata dia.


(ar)


Sumber: Kompas

 

Subscribe

Berlangganan Email FeMale Radio

 Sign Up

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting