Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Mesin Ais Siap Filter Ratusan Konten Hoaks
15
May

Mesin Ais Siap Filter Ratusan Konten Hoaks

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan mesin ais untuk menyaring konten terkait dengan terorisme dan hoaks.

 

Hal ini dilakukan menyusul rentetan ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo.


Mesin AIS adalah mesin sensor internet senilai Rp 200 miliar yang digunakan untuk menghalau konten-konten negatif seperti pornografi yang menyebar luas di dunia maya.


Saat ditanya soal masih ditemukannya konten yang menunjukkan cara pembuatan bom lewat pencarian Google dan hoaks, Rudiantara menyebut bahwa memang ada jeda pada tiap penyaringan yang dilakukan oleh mesin ais hingga akhirnya konten dihapus dari internet.


Mesin ais disebutkan akan berjalan setiap dua tiga jam sekali hingga penutupan situs dengan konten negatif dilakukan. Sehingga kemungkinan masih akan ditemukan situs dengan konten negatif diantara jeda waktu tersebut.


Rudiantara juga menyebut bahwa mesin aisnya akan bekerja secara proaktif untuk menyisir dan menyensor konten. Sehingga pekerjaan pemblokiran tidak mesti menunggu laporan dari masyarakat.


Filter terkait konten hoaks dan terorisme menurutnya telah dilakukan sejak insiden di lapas Salemba cabang Mako Brimob, Depok.

 

(ps)


Sumber: KOMPAS

 

Search

Advertise Here

MD's Review

Imsakiyah

imsakiyah 2018

 

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting