Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Ciletuh & Rinjani Dapat UNESCO Global Geopark
17
Apr

Ciletuh & Rinjani Dapat UNESCO Global Geopark

Geopark Ciletuh, Jawa Barat dan Kawasan Gunung Rinjani, NTB, resmi mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

 

"Tiga tahun lalu kita (Geopark Ciletuh-Palabuhanratu) ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh Pemerintah Pusat dan langsung kita ajukan ke Unesco sebagai UGG. Dan ternyata, alhamdulillah diterima," ungkap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

 

Penyerahan sertifikat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UGG akan dilakukan pada September 2018. "Keputusannya (de jure) sudah ada, sertifikatnya akan diberikan secara bersama-sama di Portugal," tambahnya.

 

Untuk menjaganya, Aher meminta komitmen semua pihak agar memelihara destinasi wisata yang telah ada. Terlebih syarat utama sebuah geopark internasional, yaitu pelestarian geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity.

 

Bergabung dengan Gunung Batur, Bali & Pegunungan Sewu, DIY

“Saat ini ada Gunung Batur di Bali yang sudah dinyatakan sebagai UGG, di Indonesia juga ada Pegunungan Sewu di Jogyakarta yang sudah dinyatakan sejak tahun 2011,” ujar Kepala Bidang Destinasi Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Ani Ismarini.

 

Apa kata Gubernur NTB?

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi mengaku bersyukur atas penetapan Gunung Rinjani menjadi bagian dari jaringan Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG).

 

Menurut Gubernur NTB dua periode ini, setelah penetapan Gunung Rinjani menjadi UGG, tugas selanjutnya adalah membenahi dan memastikan kualitas lingkungan di Geopark Rinjani khususnya yang menjadi pusat-pusat keramaian di kawasan itu tetap terjaga kebersihannya.


Ciletuh & Rinjani Dapat UNESCO Global Geopark

 

"Misalnya, Gunung Rinjani yang menjadi lokasi 'trekking' agar kualitas lingkungannya dijaga. Malu kita, jangan sampai isu kebersihan masih ada. Ayolah kita bantu diri kita, bangun daerah dengan kekuatan kita, jaga kehormatan daerah dengan tidak merusak daerah ini. Siapapun yang datang ke Rinjani pastikan adik atau saudara, pendaki gunung dan penikmat keindahan alam tidak mengotori Rinjani dan jaga kebersihannya," jelas TGB.

 

(ps)


Sumber: CNN INDONESIA, PIKIRAN RAKYAT, OKEZONE

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting