Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Data 1.000.000 Akun FB di Indonesia Bocor
06
Apr

Data 1.000.000 Akun FB di Indonesia Bocor

Indonesia termasuk salah satu negara dengan kebocoran data Facebook terbesar. Menurut Facebook, data milik lebih dari 1 juta pengguna media sosial tersebut di Tanah Air telah bocor ke Cambridge Analytica.

 

Informasi pribadi dari para pengguna facebook tersebut lantas digunakan sebagai senjata untuk keperluan politik, dengan membentuk opini tertentu di jejaring sosial.


Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, akan memanggil Facebook Indonesia. "Saya sudah telepon perwakilan Facebook dan memanggilnya untuk bertemu nanti sore," kata Rudiantara dalam pesan kepada BBC Indonesia.


"Kami sedang meminta angka pastinya (data pengguna yang bocor). Terlepas dari hasilnya nanti, penggunaan data tidak proper oleh PSE bisa melanggar Peraturan Menteri Kominfo tentang Perlindungan Data Pribadi maupun UU ITE."


Ia menyebut, sangsinya bisa sampai 12 Tahun penjara dan denda sampai Rp12 Milyar. "Kami juga sudah mulai koordinasi dengan teman-teman POLRI mengantisipasi diperlukannya penegakan hukum secepatnya," katanya pula.


Pembatasan akses data

Menyusul kebocoran data tersebut, dalam keterangannya, Facebook turut menguraikan langkah-langkah preventif untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.


Pada 9 April mendatang, Facebook bakal menyajikan sebuah tautan khusus di bagian atas News Feed. Fungsinya adalah untuk menunjukkan kepada pengguna aplikasi mana saja yang mereka pakai dan informasi pribadi seperti apa yang diakses oleh aplikasi-aplikasi tersebut.


Apabila tidak diinginkan, pengguna bisa menghapus aplikasi yang bersangkutan. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi laman keterangan Facebook di tautan berikut.

 

(ps)


Sumber: BBC INDONESIA, NATIONAL GEOGRAPHIC

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting