Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Pintu Air Manggarai & Karet Kritis Siaga II
06
Feb

Pintu Air Manggarai & Karet Kritis Siaga IIPagi ini Selasa (6/2/2018), Pintu Air Manggarai & Karet naik menjadi siaga 2.

 

"Manggarai siaga 2. Air dari Katulampa kemarin masih berada di Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa pagi.

 

Selain pintu air Manggarai, status Kali Karet juga naik menjadi siaga II.

 

Sutopo mengatakan, dari data yang dimiliki, tercatat ribuan rumah di Kali Ciliwung terendam banjir. Ketinggian air telah mencapai 1,5 meter.

 

Sutopo mengatakan, saat ini Pemda DKI belum menetapkan darurat bencana. Hal ini dikarenakan menjelang Senin sore kemarin, permukaan air Katulampa menurun hingga sekitar 160 cm, dan status kewaspadaan banjir ditiurunkan menjadi Siaga 2. Namun, warga bantaran kali Ciliwung tetap mewaspadai banjir.

 

"Pengungsi sejak malam tersebar di beberapa tempat. Masih dalam pendataan jumlah pengungsi. Distribusi bantuan terus disalurkan," ujar Sutopo.

 

Kiriman banjir dari Bendung Katulampa Bogor serta hujan yang terus turun pada Senin kemarin, merendam sejumlah wilayah di Jakarta.

 

Pintu Air Manggarai & Karet Kritis Siaga II

 

Pintu Air Manggarai & Karet Kritis Siaga II

 

Di sekitar aliran sungai di Pejaten, Jakarta Timur, banyak rumah yang sudah terendam dan sejumlah warga diungsikan. Di Kampung Melayu dan Srengseng, air juga setidaknya sudah mencapai lutut orang dewasa. Di Lenteng Agung, air sudah mencapai pinggang orang dewasa.

 

Banjir juga melanda kawasan Sunter Agung, sebagaimana dialami Tom de Souza, seorang warga Australia yang sedang magang di Universitas Atma Jaya,

 

'Rumah-rumah terendam air, atau setidaknya dikepung air," katanya.

 

Meski demikian, kembali Sutopo memprediksi banjir tidak akan besar dan meluas karena hujan hingga Senin kemarin tidak merata,

 

Pintu Air Manggarai & Karet Kritis Siaga II

 

"Sungai-sungai lain di wilayah Jakarta masih level normal atau aman seperti Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan sehingga banjir diperkirakan hanya terjadi di permukiman di bantaran sungai. Daerah-daerah lain masih aman," tandasnya.

 

(ps)


Sumber: KOMPAS, BBC

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting