Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Arus Libur, Petugas Tol Bisa Pinjamkan E-Toll
14
Dec

Arus Libur, Petugas Tol Bisa Pinjamkan E-Toll

Kementerian Perhubungan menyebut, petugas gerbang tol akan menyiapkan kartu uang elektronik (e-toll) yang bisa dipinjamkan kepada pengguna jalan untuk membayar tol nontunai hanya selama puncak arus libur natal dan tahun baru. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemacetan di Jalan tol saat musim liburan Natal dan Tahun Baru 2018. Ia memprediksi puncak arus liburan akan terjadi pada 22 Desember malam hingga 24 Desember nanti.

"Kadang-kadang ada pengendara yang sengaja tidak membawa nontunai saya memang menugaskan khusus di tiap gerbang ada petugas yang memegang kartu. Sehingga nanti pada saat orang lewat ternyata tak bawa kartu dia membayar pada orang itu, sehingga dia bisa dibantu" Ujarnya setelah Konferensi Pers terkait Hasil rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Jakarta Rabu (13/11).


Meski, menyiapkan petugas yang berjaga Ia menghimbau kepada masyarakat agar membawa kartu e-toll agar memudahkan transaksi di jalan tol. Selain untuk transaksi, petugas yang tersedia di lapangan menurut dia, juga ditugaskan untuk mengevaluasi permasalahan di jalan tol saat musim liburan.

Ia pun meminta kepada direktorat jendral perhubungan darat (Ditjen Hubdar) untuk melihat kemungkinan yang terjadi di lapangan terkait transaksi nontunai di gerbang tol pada musim libur natal dan tahun baru 2017.

Selain itu, mengenai skema pembayaran apakah pengguna harus membayar atau tidak di gerbang tol Cikarang Utama akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) dengan melihat apa yang terjadi di lapangan.


Pada musim libur natal dan tahun baru 2018 tahun ini, Kemenhub juga akan fokus pada arus masuk keluarnya kendaraan di rest area. Budi Karya berkaca pada musim mudik lebaran di mana banyaknya penumpukan kendaraan di rest area.

Ia mengaku akan berkoordinasi dengan dirjen hubdar, Jasa Marga dan Kakorlantas untuk melihat kesiapan rest area pada musim libur natal dan tahun baru.

"Tanggal 22 juga kita akan keliling langsung untuk melihat persiapan-persiapan dari mudik (natal dan tahun baru 2018) itu berlangsung," terangnya.

 

 

 

 

 

 

(diandrips)


Sumber: www.cnnindonesia.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting