Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Waspada Beredar Aplikasi Whatsapp Palsu
07
Nov

Waspada Beredar Aplikasi Whatsapp PalsuTernyata terdapat aplikasi Whatsapp palsu yang sudah beredar di Google Play Store. Whatsapp palsu ini sudah di unduh lebih dari satu juta kali dan mendapatkan rating bintang lima.

 


 

Sedikitnya terdapat lebih dari 80 aplikasi palsu Whatsapp. Aplikasi ini tidak hanya seputar aplikasi berkirim pesan saja, tetapi juga aplikasi mengenai layanan-layanan yang terdapat di Whatsapp, seperti GIF, telepon suara maupun telepon video.

Aplikasi yang bernama Update WhatsApp Messenger dibuat sangat mirip dengan WhatsApp dan mencantumkan nama Whatsapp Inc. sebagai nama perusahaan pembuatnya. Cara ini bahkan dapat mengecoh para calon pengguna aplikasi yang jeli sekalipun untuk mengunduhnya. 

Tujuan utama dari pembuatan aplikasi tersebut adalah untuk mengecoh pengguna untuk mengklik iklan yang berujung pada pengunduhan perangkat lunak berbahaya. Berbahaya karena bisa saja berisi malware yang bisa mencuri data di smartphone pengguna. Beruntung, saat ini aplikasi tersebut memang sudah dihapus dari Google Play Store.

Facebook sebagai perusahaan induk WhatsApp tidak secara resmi menuntut perusahaan pemalsu WhatsApp ini. Namun, Facebook tetap berusaha untuk menindaklanjuti isu ini lebih lanjut.

Ada lagi aplikasi palsu yang disebut Whatsapp Business (Unreleased) yang juga memakai nama perusahaan Whatsapp Inc. Aplikasi tersebut tidak memiliki tanda verifikasi yang menunjukkannya sebagai aplikasi resmi keluaran Whatsapp Inc. 

Meski begitu, bintang 5 didapatkan oleh aplikasi ini sebagai hasil rating dari para pengguna. Terdapat sekitar 10.000 orang telah mengunduh aplikasi yang belum resmi dirilis ini.

Selain itu, aplikasi lain yang berhubungan dengan layanan Whatsapp yang terdapat di Google Play Store adalah GIF for Whatsapp yang dibuat oleh AndyZone Infotech. Aplikasi yang masih tersedia di Whatsapp ini adalah aplikasi yang khusus menyediakan GIF yang dapat digunakan dalam obrolan di Whatsapp. 

Lebih dari 2000 orang telah melakukan review terhadap aplikasi ini, dan sedikitnya angka 4.2 muncul sebagai hasil dari rating mereka. Aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari 500.000 orang.

Dengan adanya berbagai aplikasi palsu Whatsapp ini, bukan tidak mungkin isu blokir Whatsapp menjadi motor untuk munculnya aplikasi serupa WhatsApp lainnya. 

Dihimpun dari berbagai sumber, aplikasi Whatsapp sendiri sempat diblokir di beberapa negara, seperti Turki, Tiongkok dan Afganistan dengan berbagai alasan.


(diandrips)


Sumber: www.cnnindonesia.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting