Register
Home FEMALE INFO Entertainment Michael Jackson Ternyata Tukang Jiplak Lagu?
09
Feb

Michael Jackson Ternyata Tukang Jiplak Lagu?

Quincy Jones, musisi legendaris dan produser di balik ketenaran Michael Jackson mengatakan mendiang King of Pop tersebut melakukan plagiarisme alias menjiplak lagu. "Saya benci terlibat dalam publikasi ini, namun Michael mencuri banyak hal. Ia mencuri banyak lagu," kata Jones dalam wawancara yang dipublikasikan Vulture, dikutip dari AFP.

 

 

Jones mencontohkan salah satu lagu terkenal dari MJ, Billie Jean. Lagu ikonis dalam album Thriller, yang juga sebagai album terlaris sepanjang masa, itu diproduseri oleh Jones. 

Jones menyebut adanya kesamaan antara lagu tersebut dengan lagu State of Independence milik Donna Summer yang dirilis beberapa bulan sebelum Billie Jean. Lagu Summer tersebut juga diproduseri oleh Jones.

Sejumlah pihak kerap mengaitkan antara dua lagu tersebut, meskipun kemudian keduanya disebut dibuat dalam bass line synth yang tak panjang.

 

Billie Jean dirilis oleh Jackson pada 2 Januari 1983 dan masih dalam bagian album Thriller. Lagu ini tercatat ditulis oleh Michael Jackson dan diproduseri oleh dirinya sendiri dibantu Quincy Jones.

Lagu ini memenangkan sejumlah penghargaan, seperti dua piala Grammy Awards untuk kategori Best R&B Song dan Best R&B Male Vocal Performance. Majalah Rolling Stone menempatkan Billie Jean di nomor 58 dalam daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa.

Jones juga mengatakan Michael Jackson sebagai sosok tamak dan mestinya memberikan sebagian kredit penulisan kepada pemain keyboard Greg Phillinganes untuk lagu Don't Stop Til You Get Enough.

 

Tuduhan Jones ini bertolak belakang dengan persepsi akan Jackson yang meninggal pada 2009 sebagai sosok yang diperas oleh industri musik.

Lagu Don't Stop Til You Get Enough dirilis oleh Jackson sebelum Billie Jean, yaitu pada 28 Juli 1979. Lagu ini menjadi bagian dalam album Off the Wall dan ditulis oleh MJ.

Lagu ini menjadi bagian sejarah karier Jackson karena membawa piala Grammy solo pertama untuk musisi itu.

 


 

 

(ins)


sumber: cnn indonesia

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting