Register
Home FEMALE INFO FeMale Herald Delapan Perempuan di Kabinet Kerja Jokowi
27
Oct

menteri-jokowi

Minggu (26/10/2014), petang, bertempat di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan 34 calon menteri Kabinet Kerja. Delapan orang di antaranya adalah perempuan-perempuan luarbiasa yang memiliki segudang pengalaman. Berikut profil singkat yang disadur 97.9 FeMale Radio dari berbagai sumber. 



Retno Lestari Priansari Marsudi | Menteri Luar Negeri RI.

retnoRetno Lestari Priansari Marsudi yang lahir di Semarang, 27 November 1962. Lulusan Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada (1985). Merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri RI. Peraih gelar master di Haagsche Hooge School Jurusan Hukum Uni Eropa. Selama ini menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda. Pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa di Kementerian Luar Negeri RI pada April 2008-Januari 2012.



Siti Nurbaya Bakar | Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

SITI-NURBAYASiti adalah alumni Institut Pertanian Bogor tahun 1975-1979. Ia sempat menjabat Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung. Pernah menjadi Kepala Biro Perencanaan Kementerian Dalam Negeri oleh Menteri Dalam Negeri saat itu, R Hartono. Terakhir menjabat Ketua Bidang Otonomi Daerah DPP Partai Nasdem.

Twitter: @bravonur



Khofifah Indar Parawansa | Menteri Sosial

khofifahKhofifah Indar Parawansa lahir di Surabaya, 19 Mei 1965. Sejak muda ia aktif pada kegiatan sosial dan aktif di berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan. Peraih penghargaan sebagai tokoh penggerak masyarakat yang pernah diperoleh dari Islamic fair of Indonesia tahun 2011. Menjabat ketua umum Muslimat NU.

Twitter: @KhofifahIP



Susi Pudjiastuti | Menteri Kelautan dan Perikanan

susi-pudjiastutiWalupun lulusan SMP, berkat keuletan dan ketekunannya, Susi Pudjiastuti mampu menjadi pengusaha ekspor ikan dengan omzet milyaran rupiah tiap bulan. Ia adalah Pemilik & Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Anak perempuan juragan sapi bernama Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah yang berasal dari Jawa Tengah ini telah menerima banyak penghargaan, di antarnya adalah Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005.

Twitter: @susipudjiastuti



Rini Soemarno | Menteri Badan Usaha Milik Negara

Rini SoemarnoRini Mariani Soemarno. Lahir di AS, 9 Juni 1958. Lulusan Fakultas Ekonomi, Wellesly College Massachusetts, USA (1981). Seorang profesional yang kaya pengalaman sebagai CEO dalam perusahaan besar. Mantan Ketua Tim Transisi Jokowi-JK. Pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan.



Yohana Susana Yembise | Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

yohanaYohana Susana Yembise menjadi perempuan pertama dari Papua yang dipercayai menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Lahir di Manokwari, Papua, 1 Oktober 1958, pernah menjadi Wakil Ketua KNPI Kabupaten Paniai tahun 1984. Ia menerima ratusan penghargaan dari berbagai pihak.



Puan Maharani | Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

puanPuan lahir di Jakarta, 6 September 1973. Ia meraih S1 dalam Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia. Anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga di PDI-P. Ketua Fraksi PDIP DPR periode 2009 hingga 2014.

Twitter: @puan_maharani



Nila F Moeloek | Menteri Kesehatan

nila-f-moeloekProf.dr.Nila Djuwita F.Moeloek, Sp.M. Lahir di Jakarta 11 April 1949. Salah satu staf ahli divisi tumor mata di RSCM Kirana Jakarta. Selain masih aktif mengajar di program doktor pasca sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Nila juga dipercaya menjadi Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2009-2014.

Twitter: @NilaMoeloek



~Irdiansyah


Sumber:

kompas.com

tribunnews.com

sidomi.com

 

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting