Register
Home FEMALE INFO Joy Parenting Mengajarkan Anak Untuk Mencintai Indonesia
16
Aug

foto profile-06Bagaimana cara mengindoktrinasi anak-anak (dalam arti positif) agar tetap cinta dan menjaga Indonesia dengan segala perbedaanya? Berikut rangkuman hasil obrolan Marcella Lumowa dan Gery Puraatmadja bersama psikolog Ratih Ibrahim tanggal 15 Agustus lalu di acara FeMale Parenting Club.

Mbak Ratih Ibrahim kembali mengingatkan bahwa Indonesia akan mendunia pada tahun 2015, dan Indonesia merupakan negara yang paling kaya dengan segala macam perbedaanya, hanya saja di dalamnya Indonesia belum menjadi satu seutuhnya. Sehingga anak-anak kita merasa tidak ikut memiliki Indonesia sebagai rumahnya sendiri, dan memilih untuk keluar.

“Ajarkan kepada anak-anak bahwa perbedaan itu indah dan jangan mengajari mereka untuk memilih salah satu dari semua pilihan yang ada, tetapi sampaikan bahwa meskipun berbeda kita tetap satu”, demikian sambung Mbak Ratih.

Yang juga tidak kalah penting untuk kita awasi di era globalisasi ini adalah menanamkan rasa cinta Indonesia dengan menjaga anak-anak dari informasi-informasi yang tidak jelas dan negatif. Jangan biarkan mereka menonton sendiri tayangan tentang isu-isu negatif yang terkait dengan Indonesia. Kita sebagai orang tua, yang harus menceritakan kepada mereka tentang isu yang ada agar mereka dapat mengambil nilai yang baik dari penjelasan yang kita berikan.

Mengajarkan Nasionalisme dan Patriotisme kepada anak-anak dengan menceritakan serta mendiskusikan tentang Indonesia dengan cara yang menyenangkan seperti mengajak ke museum, menonton film yang memiliki unsur patriotisme serta mengajak mereka untuk melakukan ritual bersama seperti upacara 17 Agustus.

Cool Moms, Cool Dads.. mari kobarkan semangat cinta Indonesia kepada anak-anak kita, generasi penerus bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia ke 68. Merdeka!!

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting